Profil

Diberdayakan oleh Blogger.

Jumat, 11 September 2015

Pengalaman Kuliah Perilaku Konsumen Bersama Prof. Dr. Ir. UJANG SUMARWAN, MSc


Jonatan Senja
D14130004
Departemen Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan
Fakultas Peternakan
Institut Pertanian Bogor
Kuliah Perilaku Konsumen IKK233 (Consumer Behavior Class)                         Department of Family and Consumer Sciences,
(www.ikk.fema.ipb.ac.id)
College of Human Ecology
(www.fema.ipb.ac.id)
Bogor Agricultural University IPB
Prof. Dr. Ir. UJANG  SUMARWAN, MSc
sumarwan@mb.ipb.ac.id)
Dr. Ir. Lilik Noor Yuliati, MFSA
Dr. Ir. Megawati simanjuntak, MS
Ir. Retnaningsih, MS
Ir. Md djamaluddin, MSc
Saya Jonatan Senja  mahasiswa Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan, Fakultas Peternakan, Institut Pertanian Bogor.

              Pada hari Jumat, 11 September 2015 saya mengikuti kuliah Perilaku Konsumen sebagai SC. Kuliah ini disampaikan oleh Dosen yang sangat ahli di bidang konsumen, yaitu Prof Dr Ir Ujang Sumarwan MSc. Beliau juga menulis buku dengan judul Perilaku Konsumen yang dijadikan buku pegangan untuk mahasiswanya.


           Hal yang menarik dari kuliah ini adalah bahwa konsumen senang mencari harga yang terbaik meskipun untuk mendapatkannya dibutuhkan biaya yang lebih besar dari selisih harga yang seharusnya. Kita sebagai konsumen sering kurang memperhatikan sisa konsumen seperti hanya disimpan atau bahkan dibuang. Untuk saat ini pasar internasional sangat potensial karena adanya kesamaan perilaku dan serela.Konsumen sering menginginkan harga barang yang rendah dengan kualitas harga yang tinggi. Perilaku konsumen tergantung oleh umur, yang akan mempengaruhi selera.  sebelumnya pengertian perilaku konsumen sendiri adalah sebagai perilaku yang diperlihatkan konsumen dalam mencari,membeli, menggunakan,mengevaluasi, dan menghabiskan produk dan jasa yang mereka harapkan akan memuaskan kebutuhan mereka. Perilaku konsumen anak muda lebih cenderung mengikuti tren popular, sesuatu yang baru, brand minded dan terkesan ikut-ikutan berbeda dengan selera dari kalangan tua. Perspektif perilaku konsumen terdiri atas perspektif pengambilan keputusan, eksperiensial (pengalaman), dan pengaruh behavioral. Perspektif pengambilan keputusan dipengaruhi oleh rasional, perspektif pengalaman tidak dipengaruhi oleh rasional yang mana dipengaruhi oleh rasa gembira dan senang berdasarkan pengalaman, dan perspektif behavioral yang tidak dipengaruhi oleh keduanya, hanya dipengaruhi oleh lingkungan. Sejarah disiplin perilaku konsumen dipengaruhi oleh landasan teori ekonomi mikro yang esensial. Model keputusan konsumen dipengaruhi tiga faktor utama yaitu strategi pemasaran, perbedaan individu, dan faktor lingkungan. Untuk mengetahui selera pasaran dapat dilakukan survei pasar, namun untuk meningkatkan dapat melakukan FGD untuk melihat tren serta melihat histori perusahaan. Pemahaman yang baik kepada perilaku konsumen mempunyai keuntungan tersendiri bagi para manajer pemasaran untuk menganalisis lingkungan, riset pasar, segmentasi, positioning, dan bauran pemasaran. Belajar mata kuliah ini dapat membantu untuk mengenali perilaku konsumen khususnya, serta teori-teorinya yang dapat diaplikasikan dalam pemasaran. Buku Perilaku Konsumen ini membahas 19 bab dengan ketebalan buku 467 lembar. Untuk lebih detail mengenani perilaku konsumen dapat membaca serta mempelajari buku teksnya.

Text Book :

Ujang Sumarwan.2011.Perilaku Konsumen:Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Edisi 2 Cetakan 1. Jakarta: PT Ghalia Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar