Jonatan Senja
D14130004
Departemen Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan
Fakultas Peternakan
Institut Pertanian Bogor
Kuliah Perilaku Konsumen IKK233 (Consumer Behavior Class) Department of Family and Consumer Sciences,
(www.ikk.fema.ipb.ac.id)
College of Human Ecology
(www.fema.ipb.ac.id)
Bogor Agricultural University IPB
Prof. Dr. Ir. UJANG SUMARWAN, MSc
sumarwan@mb.ipb.ac.id)
Dr. Ir. Lilik Noor Yuliati, MFSA
Dr. Ir. Megawati simanjuntak, MS
Ir. Retnaningsih, MS
Ir. Md djamaluddin, MSc
Saya Jonatan
Senja mahasiswa Ilmu
Produksi dan Teknologi Peternakan, Fakultas Peternakan, Institut
Pertanian Bogor.
Pada hari Jumat, 11 September 2015 saya mengikuti kuliah Perilaku Konsumen sebagai SC. Kuliah ini disampaikan
oleh Dosen yang sangat ahli di bidang konsumen, yaitu Prof Dr Ir Ujang Sumarwan
MSc. Beliau juga menulis buku dengan judul Perilaku Konsumen yang dijadikan
buku pegangan untuk mahasiswanya.
Hal yang
menarik dari kuliah ini adalah bahwa konsumen senang mencari harga yang terbaik
meskipun untuk mendapatkannya dibutuhkan biaya yang lebih besar dari selisih
harga yang seharusnya. Kita sebagai konsumen sering kurang memperhatikan sisa
konsumen seperti hanya disimpan atau bahkan dibuang. Untuk saat ini pasar
internasional sangat potensial karena adanya kesamaan perilaku dan
serela.Konsumen sering menginginkan harga barang yang rendah dengan kualitas
harga yang tinggi. Perilaku konsumen tergantung oleh umur, yang akan
mempengaruhi selera. sebelumnya pengertian perilaku konsumen sendiri
adalah sebagai perilaku yang diperlihatkan konsumen dalam mencari,membeli,
menggunakan,mengevaluasi, dan menghabiskan produk dan jasa yang mereka harapkan
akan memuaskan kebutuhan mereka. Perilaku konsumen anak muda lebih cenderung
mengikuti tren popular, sesuatu yang baru, brand minded dan terkesan
ikut-ikutan berbeda dengan selera dari kalangan tua. Perspektif perilaku
konsumen terdiri atas perspektif pengambilan keputusan, eksperiensial
(pengalaman), dan pengaruh behavioral. Perspektif pengambilan keputusan
dipengaruhi oleh rasional, perspektif pengalaman tidak dipengaruhi oleh
rasional yang mana dipengaruhi oleh rasa gembira dan senang berdasarkan
pengalaman, dan perspektif behavioral yang tidak dipengaruhi oleh keduanya,
hanya dipengaruhi oleh lingkungan. Sejarah disiplin perilaku konsumen
dipengaruhi oleh landasan teori ekonomi mikro yang esensial. Model keputusan
konsumen dipengaruhi tiga faktor utama yaitu strategi pemasaran, perbedaan
individu, dan faktor lingkungan. Untuk mengetahui selera pasaran dapat
dilakukan survei pasar, namun untuk meningkatkan dapat melakukan FGD untuk
melihat tren serta melihat histori perusahaan. Pemahaman yang baik kepada
perilaku konsumen mempunyai keuntungan tersendiri bagi para manajer pemasaran
untuk menganalisis lingkungan, riset pasar, segmentasi, positioning, dan bauran
pemasaran. Belajar mata kuliah ini dapat membantu untuk mengenali perilaku
konsumen khususnya, serta teori-teorinya yang dapat diaplikasikan dalam
pemasaran. Buku Perilaku Konsumen ini membahas 19
bab dengan ketebalan buku 467 lembar. Untuk lebih detail mengenani
perilaku konsumen dapat membaca serta mempelajari buku teksnya.
Text Book :
Ujang Sumarwan.2011.Perilaku Konsumen:Teori dan Penerapannya dalam
Pemasaran. Edisi 2 Cetakan 1. Jakarta: PT Ghalia Indonesia
0 komentar:
Posting Komentar